Terima Kasih atas kunjungannya.... Bagi Anda Yang Membutuhkan Informasi Seputar Desa Sukapura .... Kirim Email ke ds.sukapura@gmail.com tentang apa yang anda butuhkan..

Sabtu, 18 Februari 2012

SEJARAH DESA SUKAPURA KECAMATAN RAWAMERTA

Desa Sukapura masuk wilayah Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang dengan batas wilayah sebelah barat berbatasan dengan Desa panyingkiran sebelah timur Desa Gombongsari sebelah utara Desa Sukaraja sebelah Selatan Desa Sukamerta.

Desa Sukapura berdiri pada tanggal 31 bulan maret  tahun 1978 Pemekaran dari Desa Sukamerta Dengan PJS Bapak Awil Komarudin meliputi wilayah :

  1. Babakan Jembel (sekarang jatirasa II Desa Panyingkiran)
  2. Sebagaian babakan kodok (sekarang jati rasa I Desa Panyingkiran)
  3. Sebagian Panyingkiran
  4. Jarakosta (Desa Panyingkiran)
  5. Kamurangjati
  6. Sampora
  7. Kobak Kendal (Dusun Rawajati)
  8. Pantongan (Sekarang Masuk Desa Gombongsari)
  9. Rawasari (Sekarang Masuk Desa Gombongsari)

Pemelihan Kepala Desa yang pertama diselenggarakan pada hari sabtu tanggal 22 bulan Juli tahun 1978 dengan  dua orang calon Kepala Desa yaitu bapak M.Taing (bendera warna merah) dengan Bapak Somad (bendera warna kuning) dan dimenangkan oleh Bapak M.Taing  dengan perolehan suara 1771 suara sedangkan bapak Abdul Somad memperoleh suara 1221 suara .
Bapak M.Taing menjabat sebagai Kepala Desa Sukapura yang pertama dari tahun 1978 – 1987

Pada tahun 1982 sebagian wilayah Desa Sukapura meliputi Jatirasa I dan II (babakan jembel dan babakan kodok), Jarakosta dan Kamurangjati terambil oleh Desa Panyingkiran.
Pada tahun 1987 Masa jabatan M.Taing (Kepala Desa) berakhir. Untuk menggantinya di tunjuk Bapak E.Suhendar sebagai PJS.

Pada tahun 1988 tepatnya hari kamis tanggal 24 bulan Maret diselenggarakan lagi pemilihan kepala Desa yang kedua dengan jumlah calon dua orang, yaitu bapak Acim  Sukari (bendera warna hitam ) dengan Bapak Endam (bendera warna pink) yang dimenangkan oleh Bapak Endam sebagai Kepala Desa yang Kedua dengan perolehan suara 1500 suara sedangkan bapak Acim Sukari memperoleh suara 784 suara.
Masa jabatan Bapak Endam sebagai Kepala Desa Sukapura yang ke 2 dari tahun 1988 – 1998

Pada masa pemerintahan Kepala Desa Bapak Endam tepatnya tahun 1993 Dusun Rawasari dan Dusun Pantongan Diserahkan Kepada Desa Gombongsari dampak dari Pemekaran Desa yaitu Desa Gombongsari.
Pada tahun 1998 tepatnya hari sabtu tanggal 26 bulan September diselenggarakan lagi pemilihan Kepala Desa yang ke tiga dengan jumlah calon dua orang, yaitu Bapak Darma Santana (berbendera gambar pisang) dengan Bapak Saepul (berbendera gambar buah apel)yang di menangkan oleh Bapak Darma Santana Sebagai Kepala Desa yang Ke 3 Dengan perolehan suara 1329 suara sedangkan bapak Saepul 818 suara
Masa jabatan Bapak Darma Santana sebagai Kepala Desa Sukapura yang ke 3 dari tahun 1998 - 2006 .

Pada tahun 2006 E.Suhendi di tunjuk sebagai PJS.

Pada tahun yang sama 2006 tepatnya hari minggu tanggal 26 bulan September diselenggarakan pemilihan kepala desa yang ke 4, dengan calon dua orang yaitu bapak Darma Santana (berbendera gambar buah jagung) dengan Bapak Nanang Nugroho,SE. (berbendera gambar buah durian) Pilkades dimenangkan oleh Bapak Nanang Nugroho dengan jumlah suara 1265 sedangkan bapak Darma Santana 1106 suara .

Masa jabatan Bapak Nanang Nugroho,SE sebagai Kepala Desa Sukapura yang ke 4 dari tahun  2006 - 2012.

Pada  tanggal 25 November 2012 hari minggu di adakan pemilihan kepala desa yang ke 5 , pada pemilihan kepala desa ini calon kepala desa ada tiga orang diantaranya :
1. Sarmeli bin Samin
2. Nanang Nugroho,SE
3. Darma Santana

Pada pemilihan kali ini Daftar Pemilih Tetap berjumlah 2892 orang dengan rincian : laki-laki 1414 Perempuan 1478.
Pada Akhirnya Sarmeli Bin Samin yang menjadi Kepala Desa terpilih Periode 2012 - 2018 dengan Rincian perolehan suara sebagai berikut :                                       
1. Sarmeli bin Samin perolehan suara 1241
2. Nanang Nugroho,SE Perolehan suara 1104
3. Darma Santana Perolehan suara 269

Keterangan
1. Jumlah Pemilih          2892 orang
2. Yang hadir               2648  orang
3. Tidak hadir                244  orang
4. Suara sah                 2614 suara
5. Suara tidak sah             34 suara


Masa jabatan Bapak SARMELI  sebagai Kepala Desa Sukapura yang ke 5 dari tahun  2012 - 2018.

Semoga tulisan  ini bermanfaat, dan apabila ada kesalahan dengan sejarah Desa Sukapura yang saya tulis, saran dan kritik akan kami kaji ulang untuk memperbaikinya .

Sukapura, 22 Pebruari 2012, diperbaharui 21 juni 2013
Sumber – sumber

  1. Bapak Wiryadi
  2. Bapak U.Suhandi
  3. Para Tokoh Masyarakat Desa Sukapura



**Penulis. Carlim Supriatna**

5 komentar:

  1. Sebagai generasi muda dan putra asli daerah,patut berbangga dengan adanya blog ini,sejarah adalah peristiwa masa lampau yang menceritakan pelaku2 sejarah dalam membentuk sebuah peradaban .
    Sejarah Desa Sukapura merupakan peristiwa terbentuknya pemerintahan Desa pertama yang bernama desa Sukapura di Kec.Rawamerta serta awal dari tatanan kehidupan politik di Desa Sukapura.
    Pepatah mengatakan , orang yang melupakan sejarah adalah orang yang tidak beradab,maka dari itu sebagai generasi bangsa patutlah kita melestarikan peradaban2 masa lampau dan menghargai para pendahulu kita.
    Majunya sebuah negara tidak terlepas dari sejarah....

    BalasHapus
  2. Ass.Wr.Wb.... Salam kenal dari kami sesama pengayom masyarakat, setelah muter-muter cari teman desa yang punya web/blog diwilayah karawang baru beberapa desa aja.termasuk blog yang ini baru minggu kemarin kami temukan. alhamdulilah kami punya rekan sesama profesi bukan hanya di dunia nyata karna kita dekat tp juga didunia maya,bisa berbagi pengalaman dan penanganan dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, mudah2an dapat menambah pengetahuan serta bisa bertukar informasi, kalo di jawa sana sudah banyak teman desa kita yang punya portal resmi pemdes,mudah2an RUU desa cepat disahkan karena nanti tiap desa wajib menggunakan sistem informasi IT, tiap desa akan mendapat perangkat lunak, jaringan internet dll.trmksh ini blog kami..desamalangsari.blogspot.com...slamat beraktipitas selamat pilkades smoga sukses....!!!

    BalasHapus
  3. Saya sudah beberapa kali berkunjung ke Dsa Sukapura ini. Salah seorang warganya yang tampak peduli tentang pendidikan/kegiatan anak-anak di lar jam belajar sekolah (Sdri Vina Kurnia)mengundang saya untuk memberi arahan cara belajar matematika agar anak-abak tidak sulit memahami matematika sekolah dasar.Suatu kali saya sempat diajak ke SD Sukapura II dan sangat menyenangkan sambutan para gurunya.
    Sekarang kunjungan saya menjadi jarang karena selaim musim hujan juga karena sampai hari ini belum ada kelompok orang dewasa yang bersedia belajar cara mengajar matematika ini.
    Jika sudah ada insyaAllah saya bisa berkunjung lagi.
    Selain itu saya juga siap mengajar anak-anak jika ingin pandai bermain biola, dengan catatan anak tersebut harus punya biola.
    Saya baca di blog sada mekar, dalam waktu ini akan ada acara gebyar sada mekar. Mudah-mudahan saya bisa berkunjung.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Salam Kenal dari Kang Deni
    http://sp-ipii.blogspot.com
    http://denimulyadi.wordpress.com
    http://kangdenimulyadi.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ..... kami bangga dengan adanya blog rintisan ini ... kami sebagai warga sukapura turut mendukung akan hadirnya blog ini, kami yakin kedepannya blog ini akan mengangkat permasalahan masyarakat khususnya yang terjadi di desa SUKAPURA, .... semoga dengan adanya blog ini, opini dan aspirasi dari warga semakin meningkat

    Wassalam
    www.warnetalbarokah.blogspot.com

    BalasHapus